Dalam keseharian kita sehari-hari kita sering menemukan beberapa kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik yang tidak kita sadari, berikut beberapa pelanggaran-pelanggaran etika yang biasa terjadi yang tidak kita sadari yang telah melanggar etika yang ada, antara lain adalah:
Cara berpakaian dalam pekerjaan
Dalam bekerja kita di tuntut akan kerapihan dalam pekerjaan kita, salah satunya adalah dalam hal berpakaian, Etika berpakaian dalam pekerjaan sangat penting bila jenis pekerjan kita sering berintaraksi dengan orang banyak, berikut pelanggaran-pelanggaran yang saya temui.
Seorang Sekrekatis berpakaian dengan pakaian dengan Rok yang sangat minim. seorang sekretasris memang di tuntut berpenampilan menarik, tapi kadang saya menemui seorang sekretaris mengenakan pakaian yang sangat sexy. dan ini masuk dalam pelanggaran dalam etika berpakaian sesuai dengan peraturan perusahaan yang mengharuskan seorang karyawan berpakaian yang wajar yang tidak melanggar etika dalam berpakaiaan.
contoh:
contoh:
Mr X dan Mr Y adalah eksekutif muda di bidang periklanan yang sedang memebesarkan perusahaan mereka sendiri, keduanya sering di undang presentasi di berbagai perusahaan sebelum jasa mereka di setujuai di pakai oleh perusahaan penggundang.
Dua oang tersebut menyadari adanya anggapan Profesional periklanan sering berpakaian semaunya dalam keseharian , oleh karenanya Mr X dan Mr Y selalu berusaha berpakaian rapi dengan jas seperti layaknya pebisnis lainnya agar dapat lebih menyampaikan kemampuan mereka berdua sesuai etika dalam berpakaian.
Dua oang tersebut menyadari adanya anggapan Profesional periklanan sering berpakaian semaunya dalam keseharian , oleh karenanya Mr X dan Mr Y selalu berusaha berpakaian rapi dengan jas seperti layaknya pebisnis lainnya agar dapat lebih menyampaikan kemampuan mereka berdua sesuai etika dalam berpakaian.
Disiplin waktu kerja
Disiplin waktu kerja inilah yang biasanya sering kita korup, jarang sekali orang melebihkan waktu kerja, kebanyakan mengurangi waktu kerja yang ada dengan kegiatan yang tidak mendukung berjalanya perusahaan. sebagai peraturan yang di terapkan
seorang karyawan sering terlambat masuk kantor, ada juga seorang karyawan yang mendahulukan waktu istirahat padahal untuk jam istirahat masih ada 30 menit lagi, dan ada juga seorang karyawan yang menggunakan waktu kerja hanya untuk bermain game di meja kerjanya.
Contoh:
Pernah saya melihat seorang karyawan di intansi pemerintah dengan seragamnya yang khas jalan-jalan ke mall untuk sekedar belanja atau makan di luar jam istirahat. apakah ia ada tugas di luar kantor atau sedang apa ? kita jadi bertanya-tanya. sedang apa dia? jangan-jangan makan gaji buta. ini melanggar pereturan jam pada waktu bekerja.
Komunikasi
Dalam lingkungan pekerjaan ada dua bentuk dasar komunikasi yang lazim di gunakan dalam dunia bisnis yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Menurut Value Consult di rata-ratakan kita berbicara 15 sampai 20 menit sehari, selebihnya berupa komunikasi Non Verbal. Komunikasi Non Verbal 90% dari total waktu yang di pakai untuk bicara, komunikasi verbal hanya 7%, ekpresi wajah dan postur badan 55%, Intonasi & perubahan nada suara 38%.
kiat sederhana berkomunikasi
kiat sederhana berkomunikasi
= Pastikan postur tubuh anda menampakkan percaya diri: berdiri tegak, menatap mata rileks
= Nada bicara tegas namun menyenangkan
= Jangan mengasumsikan motif seseorang, terutama motif negatif
= Dalam diskusi, jangan lupa menyimak dan bertanya, adalah penting untuk memahami sudut pandang orang lain
Contoh:
Rekan anda yang tiba terlambat pada acara yang telah disepakati bersama yang terlambat 30 menit dari waktu yang telah di sepakati.
Tidak lah pantas: Gila Loo..Jam segini baru datang, Ngapain saja kerja lo di rumah.!!!
Seharusnya : Bukankan kita semestinya kita berkumpul pukul 09:00, sekarang sudah pukul 09:30
Contoh
Pada saat meeting di kantor, salah satu peserta meeting melakukan hal-hal yang tidak baik dengan tidak memperhatikan presentasi-presentasi yang di lakukan oleh atasannya, dalam hal ini karyawan tersebut menunjukan komunikasi non verbal yang tidak baik seperti:
Pada saat meeting di kantor, salah satu peserta meeting melakukan hal-hal yang tidak baik dengan tidak memperhatikan presentasi-presentasi yang di lakukan oleh atasannya, dalam hal ini karyawan tersebut menunjukan komunikasi non verbal yang tidak baik seperti:
= Memain-mainkan penjepit kertas menunjukan tidak tertarik
= Bahu menurun dianggap bosan, tidak tertarik
= Tidak kontak mata dengan lawan bicara, seakan tidak mendengarkan lawan bicara.
Itulah beberapa contoh kelakuan-kelakuan yang saya temui yang mungkin tidak disadari telah melanggar etika dalam keseharian kita. (b-prakoso/2010)
Itulah beberapa contoh kelakuan-kelakuan yang saya temui yang mungkin tidak disadari telah melanggar etika dalam keseharian kita. (b-prakoso/2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar